BLK dan Rumah Kreasi Tiga Putri dan Training Center Selenggarakan Latihan Tanggap Covid-19

Kupang, Karta Kita — Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berkeja sama dengan Rumah Kreasi Tiga Putri dan Training Center menyelenggarakan pelatihan tanggap Covid-19 di Gedung BLK Provinsi NTT, Jalan M.H Thamrin, nomor 03 Kota Kupang pada Selasa (19/05/2020).

Direktur Rumah Kreasi Tiga Putri dan Training Center Aloisius Bria Nahak yang didaulat sebagai instruktur pelatihan mengatakan kegiatan ini menyasar para pekerja yang terpaksa dirumahkan akibat pandemi.

“Ya, kegiatan pelatihan ini ditujukan bagi mereka yang sempat dirumahkan karena dampak wabah Covid-19. Umumnya mereka bekerja di hotel dan restoran yang ada di Kupang. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari. Dan ini baru pelatihan gelombang pertama.”

Aloisius juga menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberi bekal teori dan keterampilan kepada para peserta yang memiliki minat atau sudah pernah bekerja dalam bidang kuliner.

“Yang pertama kami lakukan membekali dulu teorinya. Kita menjelaskan tentang bagaimana peran penting para pekerja restoran khususnya para chef untuk berperan mengolah satu masakan yang enak, berkualitas, bermutu dan bergizi serta masakan yang standar higenisnya bagus,” katanya.

Ia melanjutkan, “yang kedua kita berikan skill. Skill ini berkaitan dengan cara memotong bawang, memotong sayur yang baik. Cara mengolah daging menjadi stik, cara mengolah ayam goreng pandan dan masih banyak lagi.” jelas Aloisius.

Menurut Aloisius kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang memberdayakan masyarakat dari sisi keterampilan yang berguna bagi kemajuan dirinya. Pelatihan mampu meningkatkan sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia kerja.

“Kegiatan ini bagus untuk meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan skill para peserta sehingga ketika mereka terjun ke dalam dunia kerja, baik di hotel maupun di restoran-restoran besar mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan itu.”

Ia juga menyampaikan harapannya, “Semoga saja kegiatan ini bisa mendukung program-program bidang perindustrian, koperasi dan pariwisata. Kami juga berharap industri pariwisata khususnya bidang kuliner bisa kembali gemilang dan berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi.” (mkh/kartakita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *