20 April 2021

Bongkar Kotak Suara, KPU Purbalingga Undang Bawaslu dan Polres

Purbalingga, Karta Kita — KPU Kabupaten Purbalingga melaksanakan pembongkaran kotak suara yang digunakan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020 pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021 di Gudang KPU Kabupaten Purbalingga. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU RI nomor 35 tahun 2018 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya Pasca Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan/atau Walikota.

Pembongkaran kotak suara ini dibuka dan dihadiri oleh Komisioner KPU Purbalingga, Bawaslu Purbalingga, dan Kabag Ops Polres PurbaIingga. Dalam sambutannya, Kabag Ops Polres PurbaIingga Kompol Pujiono menegaskan bahwa pembongkaran kotak suara ini agar dilakukan dengan teliti dan dipastikan bahwa 6 item antara lain Daftar Hadir Pemilih (DPT), Daftar Hadir Pindah Memilih (DPPh), Daftar Hadir Pemilih Tambahan (DPTb), C.Hasil-KWK, C.Kejadian Khusus-KWK, dan Surat Suara Tidak Sah dapat dipisahkan sesuai dengan jenisnya.

Petugas pembongkaran kotak ini terdiri dari 6 orang pelaksana dan 2 orang pengawas.
Pelaksanaan pembongkaran kotak suara direncanakan selesai dalam 4 (empat) hari, mulai pada tanggal 22 Maret hingga 25 Maret 2021. Kemudian isi dari kotak suara tersebut akan diarsipkan dengan berpedoman pada Jadwal Retensi Arsip surat suara yang diatur dalam Peraturan KPU yang mengatur tentang Jadwal Retensi Arsip.