APPA : Tolak Eksploitasi dan Kekerasan Terhadap Perempuan

Alor Kartakita- Aliansi Pemerhati Perempuan dan Anak Kabupaten Alor menggelar Acara Talk Show Jumat (21/8/2020) dengan Tema : Pencegahan Trafficking Anak Perempuan Untuk Tujuan Seksual di Kabupaten Alor.

Kegiatan Talk Show ini di lakukan dalam 2 sesi, masing – masing sesi dilakukan diskusi dengan 4 narasumber, pada kesempatan itu setiap narasumber memberikan pandangan nya terhadap Tindak Pidana Human Trafiking terhadap anak perempuan untuk tujuan seksual sesuai bidang nya yakni berkaitan dengan peraturan yang mengatur oleh Ahli Hukum dan Praktisi Hukum, Mekanisme Rehabilitasi dan Pendampingan serta Skema Advokasi yang harus dilakukan.

Kegiatan Talk show ini juga dihadiri oleh Pimpinan Lembaga- Lembaga Penegak Hukum dikabupaten Alor, OPD- OPD di Kabupaten, DPRD Kabupaten Alor yang sekaligus menjadi salah satu Narasumber dalam Talk Show, ada juga Dosen-Dosen dan Akademisi, Guru, Siswa dan Mahasiswa, Tokoh- Tokoh Agama dan Masyarakat Serta Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Alor, selain itu, Talkshow yang digelar Aliansi  Pemerhati Perempuan dan Anak Kabupaten Alor juga menghadirkan Perwakilan dari Rumah Perempuan Provinsi NTT untuk menjadi Salah satu Narasumber dalam kegiatan Tersebut.

Selain berdiskusi dengan narasumber dan mengulas terkait Perdagangan Anak untuk tujuan seksual dan perlindungan anak, kegiata Talkshow juga diwarnai dengan Acara selingan yakni pembacaan puisi yang menggambarkan terlukanya anak korban Ekspolitasi Seksual, ada juga hal  yang menarik di Penghujung Acara yakni,  Cornelis Banabera selaku Kordinator Umum mengajak Ketua – Ketua OKP bersama- Sama dengan Pemateri, beserta Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat untuk maju ke depan kemudian membacakan Deklarasi dan  bersama- sama menandatangani, kemudian ia mengajak seluruh peserta untuk turut menandatangani sebagai simbolis mendukung dan siap berkontribusi demi terwujudnya deklarasi tersebut.

Deklarasi yang ditandatangani merupakan “Deklarasi Tolak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak” yang dijabarkan dalam 5 point yakni :

  1. Kami Mengecam dan mengutuk keras segala bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Alor
  2. Kami Mengutuk Tindakan Eksploitasi dan kekerasan dalam bentuk apapun terhadap perempuan dan anak di Bumi Nusa Kenari. Segala sesuatuyang berhubungan dengan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak harus diselesaikan sesuai hukun yang berlaku.
  3. Kami Berkomitmen melindungi perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan fisik, psikologis, intimidasi, persekusi, yang berdampak negatif pada masa depan perempuan dan anak
  4. Kami bertekad bersatu padu pada pihak yang berwenang melaksanakan perlindungan terhadap perempuan dan anak kabupaten Alor, sehingga tercipta suasana harmonis di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  5. Kami Mengajak Masyarakat untuk tidak takut bersuara, melaporkan segala tindakan kekerasan terhadap perempuan dan Anak kepada para penegak hukum untuk diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku, sehingga tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Setelah Mengucapkan dan menandatangani Deklarasi maka semua kembali menempati kursinya dan dilakukan lah penutupan Acara Talk Show yang digelar APPA Jumad (21/8/2020). (Gitur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *