Endro S Yahman: Kepala Daerah Usungan PDIP Wajib Pantang Menyerah dan Komitmen Bersama Rakyat

Pesawaran, Karta Kita — Anggota MPR RI Ir. H. Endro S Yahman, M.Sc gelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kabupaten Pesawaran pada Kamis, (12/11/2020). Menurut anggota MPR/DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Lampung 1 ini, kegiatan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan penguatan BSPN PDI Perjuangan Cabang Kabupaten Pesawaran.

“Acara yang bertajuk Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Penguatan Kapasitas BSPN PDI Perjuangan Cabang Kabupaten Pesawaran ini dihadiri oleh pengurus BSPN Daerah PDI Perjuangan Provinsi Lampung, BSPN Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Pesawaran, Perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran, serta anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Pesawaran.” terangnya.

Anggota MPR RI Ir. H. Endro S Yahman, M.Sc berbicara di depan anggota BSPN Daerah PDI Perjuangan

Politisi kelahiran Pringsewu ini menambahkan bahwa 4 pilar kebangsaan ini harus terus dibumikan supaya anak bangsa tetap mengaktualisasi dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya serta sebagai alat kontrol para pemimpin formal dan non formal dalam berbangsa dan bernegara.

“Saat ini Kabupaten Pesawaran akan melaksanakan Pilkada, dimana Pilkada kali ini berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya karena dilaksanakan di tengah kondisi negara kita sedang mengalami bencana non alam Pandemi Covid-19 serta kelesuan dan semakin sulitnya ekonomi masyarakat. Artinya pada pilkada kali rentan timbulnya cluster baru penularan Covid-19 dan rentan money politik di tengah masyarakat.” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk mencegah penularan, masyarakat diminta menjaga kesehatan raga dan jiwa dengan tetap menjaga kebersihan, mencegah kerumunan dalam jumlah banyak, serta tetap bekerja mencari nafkah.

Sementara dalam hal memilih pemimpin, menurut Endro, tidak hanya mendudukkan orang sebagai Bupati atau Wakil Bupati, tetapi pemimpin yang mampu bekerja untuk kesejahteraan masyarakat Pesawaran dan mengayomi kebhinnekaan selaras dengan 4 Pilar Kebangsaan MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Pada dasarnya, pemimpin yang ideal untuk rakyat adalah pemimpin yang peka terhadap permasalahan dasar rakyat. Kabupaten Pesawaran akan menggelar pesta demokrasi memilih Bupati dan Wakil Bupati di mana PDI Perjuangan sebagai partai terbesar terlibat sebagai partai pengusung. Sebagai partai pengusung utama tentunya PDI Perjuangan telah meletakan dasar-dasar kepemimpinan yang baik yang berpihak pada kepentingan wong cilik melalui Sekolah Partai bagi calon-calon yang diusungnya.” tegasnya.

Menurut Endro, calon bupati/wakil bupati yang diusung oleh PDI Perjuangan untuk kabupaten Pesawaran tidak akan mengedepakan kepentingan pribadi dan kelompoknya. Menurutnya, kepemimpinan yang baik adalah yang dibangun berdasar aspirasi warganya dan diharapkan mampu menggerakkan ekonomi rakyat serta menjawab tantangan dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Bung Karno pernah menorehkan sejarah sebagai pemimpin besar negeri ini sehingga semua calon pemimpin khususnya yang diusung PDI Perjuangan wajib mengikuti semangat kepemimpinannya sebagai inspirator keteladanan kita semua. Sebagaimana Bung Karno sampaikan untuk mencapai suatu tujuan kepemimpinan, ‘Lakukan kebaikan untuk orang lain, bahkan ketika mereka tidak melakukan kebaikan bagi anda, orang lain tentu akan berbuat baik kepada Anda. Jika masih ada rasa malu dan takut di hati seseorang untuk berbuat baik, pasti tidak akan ada kemajuan sama sekali’.”

Ia pun menutup dan memberikan pesan, “semangat kepemimpinan yang pantang menyerah, ulet dan komitmen selalu bersama rakyat sebagaimana yang telah ditunjukan oleh Pemimpin Besar Bung Karno hendaknya menjadi teladan akan kepemimpinan yang sedang dibangun di masa pandemi seperti sekarang ini.” (agp/kartakita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *