Mantan Kejati Kalbar, Baginda Polin Lumban Gaol Kembali Maju di Pilkada Humbahas

Humbahas, Karta Kita — Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) merupakan salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada Desember 2020. Hingga hari ini telah muncul dua nama bakal calon kepala daerah yang mengutarakan niatnya bersaing melawan petahana Dosmar Banjarnahor yang telah menjabat selama lima tahun belakangan.

Baca juga: Wawancara Eksklusif dengan Theo Sambuaga

Nama tersebut terdiri dari mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat Baginda Polin Lumban Gaol, SH., MH., rencana akan berpasangan dengan Rajin Tajom Sihombing. Keduanya dikabarkan telah mendapat rekomendasi dari dua partai politik. Selain sosok Baginda, muncul juga nama Ir. Harry Marbun, M.Sc yang merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Humbahas.

Baginda Polin Lumban Gaol sendiri bukan sosok baru dalam pertarungan politik daerah Humbahas karena sebenarnya sudah pernah berkontestasi pada Pilkada Humbahas pada tahun 2005 silam. Baginda Polin Lumban Gaol yang berpasangan dengan Saul Sitomorang, SE mampu meraih suara tertinggi kedua. Saat itu, Drs. Maddin Sihombing yang berpasangan dengan Drs. Marganti Manullang merupakan kandidat terpilih yang akhirnya menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Selain itu, Baginda Polin Lumban Gaol jelas masih dikenal dekat oleh masyarakat Humbahas. Baginda pernah menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarutung di mana saat itu Humbahas masih masuk wilayah Tapanuli Utara. Selain rasa cinta sebagai kampung halaman, pengalamannya sebagai Kejari yang juga melingkupi Humbahas kala itu membuatnya cukup mengenal daerah hasil pemekaran Tapanuli Utara ini.

Pria yang meniti karir dari jaksa dan berakhir pada jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi ini telah mendapatkan dukungan dari Punguan Pomparan Raja Lumban Gaol untuk menjadi pelayan Humbahas sebagai bakal calon Bupati mewakili Lumban Gaol salah satu marga besar di Humbahas. Setidaknya ada lima marga dengan jumlah penduduk terbesar di Humbahas yakni Simamora, Purba, Lumban Gaol, Sihombing dan Simanullang.

Jika kedua nama tersebut memenuhi syarat menjadi calon, tentu akan berhadapan dengan Bupati Humbahas periode 2015-2020 Dosmar Banjarnahor. Dosmar dikabarkan akan menggandeng Oloan P. Nababan yang merupakan mantan ajudan Gubernur Eddy Rahmayadi pada saat masih menjabat sebagai Pangkostrad. Ini artinya, Dosmar tidak akan menggandeng wakilnya Saut Parlindungan Simamora yang sudah mendampinginya pada periode lalu.

Sementara itu, beberapa waktu lalu nama Yanto Sitohang sempat dikabarkan akan mendampingi Dosmar. Pasalnya, Yanto mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk berpasangan dengan Dosmar Banjarnahor di Pilkada Serentak 2020. Sayangnya, Yanto Sitohang justru mengundurkan diri dengan alasan tidak ingin terjadi konflik kepentingan dengan posisinya di perusahaan dan adanya alasan keluarga. (jfs/kartakita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *