Mencari Pemimpin Muda dan Berintegritas untuk Kota Medan

Oleh Dirgantara Pangaribuan

Kontestasi Pemilihan Walikota Medan 2020 sudah di depan mata, saatnya masyarakat Kota Medan menentukan masa depannya untuk 5 tahun kedepan. Kader partai politik maupun non parpol yang merasa mampu untuk membenahi Kota Medan nampak pelan-pelan melakukan politik gerilya demi memperoleh restu partai berupa tiket untuk berkontestasi pada pemilihan tersebut.

Sebenarnya untuk maju sebagai calon walikota Medan adalah beban yang luar biasa. Betapa tidak, beberapa wali kota periode sebelumnya terpaksa menggunakan rompi orange karena perilaku korup yang mereka lakukan. Tentu saja hal ini memberi dampak psikologis luar biasa dan merusak kepercayaan masyarakat kepada calon pemimpin selanjutnya.

APBD yang seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat malah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Belum lagi masalah banjir dan kemacetan semakin merajalela alias tak kunjung terselesaikan sampai hari ini.

Permasalahan yang dialami Kota Medan hanya dapat diselesaikan oleh pemimpin yang mau bekerja keras dan tentu saja harus berintegritas. Selain itu pemimpin baru seyogyanya memiliki mental pelayan–bersedia jemput bola ke masyarakat untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

Perlu ada kajian teoritis yang mendalam untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, tetapi yang lebih penting eksekusi di lapangan dan pengelolaan anggaran yang tepat sasaran rasanya menjadi kunci keberhasilan pemerintahan yang akan datang.

Menurut hemat penulis sudah selayaknya para putera-putri terbaik Kota Medan turut ambil bagian untuk agenda perbaikan secara sistematis di kota yang kita cintai ini. Politisi muda yang memiliki ilmu, semangat, integritas, dan idealisme yang kuat menjadi harapan untuk Kota Medan lima tahun kedepan.

Secara pribadi penulis melihat ada beberapa calon potensial untuk pemilihan ke depannya. Sebut saja Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan, Anggota Legislatif PSI Kota Medan Renville Napitupulu dan Erwin Siahaan, Menantu Presiden RI Bobby Nasution. Mereka merupakan calon yang patut dipertimbangkan.

Pengalaman Sutrisno Pangaribuan di lembaga legislatif menjadikannya calon kuat karena kedekatannya dengan masyarakat. Terbukti mulai dari komunitas petani, pemulung, sopir angkutan dan taksi, penyandang cacat fisik, pedagang pasar, buruh pelabuhan, hingga aktivis mahasiswa mengenal dan dekat dengannya.

Dari beberapa pemberitaan juga sekelompok orang yang mengatasnamakan Relawan Sutrisno Pangaribuan sudah mulai melakukan pengumpulan dana sebagai dana kampanye Sutrisno Pangaribuan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dari politik uang yang selama ini masih menghantui pesta demokrasi di negeri ini. Pelibatan masyarakat dalam pengumpulan dana kampanye adalah salah satu solusi agar sang pemimpin yang diusung bisa fokus untuk memenangkan kontestasi tersebut.

Renville dan Erwin merupakan anggota legislatif terpilih dengan ideologi partai yang sangat kental untuk memberantas korupsi dan intoleransi. Mereka juga patut diperhitungkan karena memiliki basis suara yang jelas. Selain itu, sepak terjang partai pendukung kedua anggota dewan ini dalam menyuarakan transparansi dalam pemerintahan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat untuk memilih kader terbaik dari partai ini.

Mereka pantas bertarung merebut simpati masyarakat dalam pilwalkot 2020. Jelas secara politis hal ini dapat menguntungkan kedua kader terbaik ini. Keduanya mendapatkan panggung mewah untuk bertarung dengan tingginya kepedulian masyarakat terhadap partai mereka.

Bobby Nasution sendiri adalah salah satu figur yang berpeluang untuk bersaing di dalam Pilwalkot Kota Medan. Mungkin pengalaman beliau di dunia politik belum teruji, tetapi status sebagai menantu Presiden Joko Widodo dan beberapa kali turun pada saat kampanye pilpres yang lalu dapat menjadi gambaran popularitas Bobby di kampung halamannya sendiri, Kota Medan. Selama ini Bobby tak terlihat memanfaatkan figur mertuanya, tantangan baginya untuk menunjukkan kualitas dirinya dan kepeduliannya bagi kemajuan Kota Medan.

Sudah saatnya masyarakat mendapatkan pemimpin baru yang peduli dan berintegritas. Kita semua berharap Kota Medan jadi kota yang lebih baik. Salam semangat anak muda!

Dirgantara Pangaribuan

Politisi Muda PSI Kota Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *