Oknum BPD Lebbeng Barat Diduga Potong Banpres PUM, Lebih 10 Penerima Manfaat Menjadi Korban

Sumenep, Karta Kita — Dugaan adanya¬†pemotongan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (Banpres PUM) dari yang seharusnya benilai total 2,4 juta rupiah yang diujukan bagi pelaku usaha mikro menjadi perbincangan di Desa Lebbeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Suami dari seorang korban menjelaskan bahwa pemotongan Banpres tersebut dilakukan oleh oknum Sekretaris BPD di Desa Lebbeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, yang berinisial J. Berdasarkan informasi yang diperoleh awak media, Banpres PUM yang dipotong mencapai Rp. 1.140.000,-.

Bahkan mirisnya lagi pemotongan bantuan yang dilakukan oknum Sekretaris BPD ini sudah dilakukan kepada lebih dari 10 orang penerima. Hal itu diungkapkan suami dari salah satu penerima bantuan tersebut yang berinisial NL.

“Ini biayanya buat yang urus, masalahnya kalau tidak ada yang ngurus tidak akan bisa,” jelas suami korban.

Selain itu, suami korban menegaskan bahwa setelah ia memperoleh uang Banpres PUM, korban diintimidasi untuk tidak memberitahu kepada orang lain terkait jumlah sebenarnya uang yang ia terima dari Banpres PUM. Korban disuruh mengaku jika bantuannya hanya sebesar Rp. 1.400.000 bukan 2,4 juta rupiah.

Padahal korban hanya menerima bantuan sebesar 1.260.000 dan karena 60.000 rupiah tinggal di ATM, korban hanya bisa memanfaatkan total 1.200.000 rupiah. “Lalu disuruh untuk memberitahukan kepada orang lain, disuruh mengaku mendapatkan 1.260.000 rupiah,” jelas suami korban.

Semula korban tidak tahu akan adanya pemotongan dari pelaku, lalu kemudian korban sadar bahwa ia ditipu oleh pelaku atas pemotongan bantuan yang ia terima karena tetangga korban juga mendapat Banpres PUM dengan nominal 2,4 juta sehingga korban merasa kesal dan hanya bisa pasrah, padahal sama-sama Banpres PUM.

“Sebelah rumah dapat bantuannya utuh tanpa dipotong sebesar 2,4 juta, dan punya saya hanya Rp. 1.400.000 katanya. Saya hanya bisa pasrah dan bilang ke istri saya sudahlah mungkin ini bukan rejekinya.” imbuhnya

Sementara itu, Sekretaris BPD Lebbeng Barat, enggan bicara saat dikonfirmasi via WhatsApp, sampai berita ini tayang, media ini belum dapat respon dari yang bersangkutan. (rb/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *