29 May 2022

Pendamping PKH Panyingkiran Bantu Sukseskan Bantuan Raharja

Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Majalengka telah disalurkan di Kecamatan Panyingkiran pada hari ini Sabtu, 28 Agustus 2021 (28/8/2021) .

Untuk pendistribusiannya , Bansos yang dinamakan Bansos Raharja itu telah disalurkan untuk warga di 9 Desa yakni Desa Karyamukti, Desa Jatipamor, Desa Bantrangsana, Desa Cijurey, Desa Pasirmuncang, Desa Jatiserang, Desa Bonang, Desa Leuwiseeng dan Desa Panyingkiran.

Pendamping PKH Asal Kecamatan Panyingkiran yg di tugaskan untuk membantu penyaluran Bansos Raharja di kecamatan panyingkiran , Boy Heru mengatakan, Bansos Raharja berlangsung selama 3 bulan, terhitung sejak Juli kemarin.

Namun, dalam pelaksanaannya, pencairan tahap 1 dan 2 dilakukan secara sekaligus pada Bulan Agustus ini.

“Teknis penyaluran disalurkan untuk Bulan Juli dan Bulan Agustus dicairkan Bulan Agustus. Untuk pencairan bulan September dilakukan di bulan berjalan itu,” ujar Boy Heru saat dikonfirmasi media, Sabtu (28/8/2021).

Untuk penyaluran Bansos Raharja, jelas dia, dilakukan di aula kantor kecamatan Panyingkiran.

Adapun pelaksanaannya, dilakukan oleh pihak BJB di bantu oleh Para Pendamping PKH , tim Kecamatan, dan Perangkat Desa.

“Untuk pencairan tahap 1 dan 2 Juli – Agustus di lakukan di bulan Agustus sebesar 600 ribu. Untuk kemudian nanti tahap 3 dilanjutkan dengan pencairan 300 ribu di bulan September, total keseluruhan bantuan sebesar 900 ribu per KK ,” ucapnya.

Boy Heru mengatakan, Bansos Raharja diberikan kepada mereka yang tidak tercover Bansos dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos.

Jumlahnya Penerima Bansos Se- Kecamatan Panyingkiran Sebanyak 110 Kepala Keluarga (KK), jelas dia.

“Bansos Raharja, datanya diambil dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Karena masih ada yang belum mendapat bantuan dari program Kemensos, Besaran yg di dapat oleh penerimaanfaat sebesar Rp 300 ribu per bulan selama 3 Bulan,” jelas dia

demikian, dengan adanya bansos Raharja ini mudah mudahan bisa terus membantu masyarakat dalam menjalankan kehidupannya di masa pandemi Covid 19 .