Plt Camat Insana Tengah Membantah Dirinya Mengintervensi Pemilihan BPD Desa Letmafo

Kupang, Karta Kita – Pelaksana tugas (Plt) Camat Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara provinsi NTT Yohanes Yosef Mesu membantah tudingan yang menyatakan bahwa dirinya terlibat untuk mengintervensi proses pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Letmafo Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara.

“saya tidak intervensi apalagi mengarahkan kepada panitia ataupun calon tertentu. Setiap tahapan dijalankan secara baik”, katanya ketika dihubungi Kamis (14/05/2020).

Ia mengatakan bahwa proses penjaringan dan pemilihan yang dilakukan pertama, tidak prosedural dan tidak transparan.

“Tidak prosedural, tidak transparan dan hanya keterwakilan kelompok tertentu bukan masyarakat desa Letmafo. Yang dijaring (panitia, red) dan ditetapkan lain makanya masyarakat mengadu”, jelasnya.

Yosef Mesu menjelaskan bahwa proses pemilihan badan permusyawaratan desa (BPD) yang lama baru ditetapkan di desa dan belum diproses di dinas pemberdayaan masyarakat desa(PMD) Kabupaten TTU sehingga belum ada surat keputusan bupati.

Karena belum ada ketetapan dari bupati maka dilakukan pemilihan ulang BPD Desa Letmafo Kecamatan Insana Tengah pada 9 Mei 2020 yang lalu.

“camat sudah menganulir pemilihan yang pertama karena tidak sesuai tahapan. saya sudah memberikan klarifikasi kepada dinas PMD dan proses pemilihan yang baru sudah sesuai prosedur sehingga SK sementara diproses”, kata camat Yosef.

Ia menambahkan bahwa Badan permusyawaratan desa (BPD) Desa Letmafo yang baru terbentuk sekarang ini sudah ditetapkan di desa dan camat sudah mengajukan rekomendasi kepada bupati melalui dinas Pemberdayaaan masyarakat desa (PMD) untuk ditetapkan melalui surat keputusan (SK) bupati.

“Iya, untuk pemilihan BPD yang baru sementara diproses untuk diterbitkan SK”, tutupnya. (mkh/kartakita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *