20 April 2021

Rapat Evaluasi Eksternal, KPU Purbalingga Undang Kapolres, OPD dan Tokoh Masyarakat

Purbalingga, Karta Kita – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menyelenggarakan Rapat Evaluasi Eksternal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020 pada Kamis, (25/03/2021) bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Purbalingga. Rapat evaluasi eksternal ini dihadiri Kabag Ops Polres Purbalingga AKP Pujiono, Bawaslu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Purbalingga, Organisasi Pemuda dan Masyarakat, PWI serta tokoh-tokoh masyarakat per Kecamatan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Purbalingga Eko Setiawan menyampaikan bahwa rapat evaluasi eksternal ini sangat penting untuk merangkum masukan-masukan dari stakeholder dalam dua tahapan utama yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Di samping itu, Anggota KPU Purbalingga Zamaahsari A. Ramzah yang bertugas memandu rapat evaluasi memaparkan secara singkat perjalanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan bagaimana pelaksanaan pemilihan pada masa pandemi, selain harus menerapkan protokol kesehatan, KPPS juga diwajibkan untuk melakukan rapid test. Peristiwa KPPS mundur karena reaktif cukup mewarnai penyelenggaraan Pilbup Tahun 2020.

“Pada saat Pilbup Tahun 2020, terdapat 112 TPS dengan jumlah KPPS sebanyak 6 orang. Bahkan ada yang KPPS bertugas 5 orang. Itu ada di TPS 9 Desa Slinga, TPS 6 Desa Padamara, TPS 7 Desa Pekalongan dan TPS 8 Desa Balareks.” ujarnya. Perwakilan dari PCNU dan PD Muhammadiyah turut mengapresiasi penyelenggaraan Pilbup Tahun 2020 dan berharap pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang terbaik. Di samping itu, besar harapan agar organisasi masyarakat lebih dilibatkan lagi dalam sosialisasi.

Tokoh masyarakat Kecamatan Purbalingga Bejo memandang perlunya bimtek bersama KPU dan Bawaslu untuk bisa menyamakan penafsiran akan peraturan perundang-undangan. Sedangkan Kabag Ops Polres Purbalingga AKP Pujiono menambahkan pentingnya ketegasan Bawaslu maupun KPU dalam menangani permasalahan pemilihan agar tidak menimbulkan perlawanan di masyarakat.

Dalam rapat evaluasi ini juga ada beberapa peserta yang mengangkat pentingnya apresiasi terhadap KPPS berupa peningkatan honor dan dukungan vitamin untuk menjaga kesehatan pada saat hari H penyelenggaraan pemilihan. Sedangkan Joko sebagai Ketua PWI Kabupaten Purbalingga, mengapresiasi KPU Purbalingga atas kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2020, dengan capaian tertinggi sepanjang sejarah Pilkada dari tahun 2005 hingga 2020.