Undian Grup Liga Champion Dan Serba-Serbinya

Undian Grup Liga Champions musim 2019/2020 baru saja terselenggara di Monaco pada Kamis, (29/8/2019). Ajax Amsterdam, Club Brugge dan Slavia Praha menjadi tiga tim terakhir yang lolos ke fase grup.

Sementara tim lainnya Dinamo Zagreb, Red Star Belgrade dan Olympiacos Piraeus sudah lebih dulu melaju dari babak play-off sehari sebelumnya. Enam tim ini sekaligus melengkapi kuota 26 tim sebelumnya yang berhasil lolos ke fase grup Liga Champions.

Undian fase grup dibagi menjadi 4 pot sesuai koefisien poin UEFA. Tampak dua legenda sepakbola Wesley Sneidjer dan Petr Cech melakukan undian yang dibagi menjadi delapan grup.  Laga pertama akan dilaksanakan pada 17 September sampai tanggal 11 Desember depan.

Sejumlah tim besar akan segera beradu di babak grup demi lolos ke babak berikutnya. Paris Saint-German dan tim ibukota Spanyol Real Madrid sama-sama berada di Grup A. Kedua tim ini ditemani Club Brugge serta Galatasaray.

Grup B sendiri diisi oleh tim kenamaan Bayern Munchen yang kembali bertemu dengan tim London. Tentu saja kali bukan dengan the Gunners Arsenal melainkan bersama Tottenham Hotspur. Mereka ditemani tim Olympiacos Piraeus serta Red Star Belgrade.

Manchester City akan kembali bersua dengan Shakhtar Donetsk di Grup C. Ditemani Dinamo Zagreb dan sang debutan asal Italia, tim Atalanta. Sementara tim italia Juventus akan bersaing dengan Atletico Madrid, Bayer Leverkusen dan Locomotiv Moscow di Grup D.

Sang juara bertahan Liverpool kembali bersaing dalam satu grup dengan Napoli di Grup E bersama-sama dengan Salzburg dan Genk. Sementara Barcelona, Borussia Dortmund, Internazionale Milan dan Slavia Praha tergabung dalam Grup F.

Momen unik terjadi tatkala delegasi Slavia Praha tertawa keras ketika mengetahui timnya berada di grup neraka. Ekspresi ini tidak bisa ditebak apakah karena sedang meratapi nasib atau siap menunjukkan performa yang tak terduga.

Hasil undian Grup G menyatukan kualitas tim yang hampir serupa. Zenit St. Petersburg, Benfica, Olympic Lyonnais dan RB Leipzig siap berjibaku untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Grup terakhir, juara Europa League musim lalu, Chelsea akan bertemu tim fenomenal musim lalu Ajax Amsterdam beserta Valencia dan Lille di Grup H. Final Liga Champions musim 2019/2020 kali ini akan diselenggarakan di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul.

Pada kesempatan yang sama UEFA mengumumkan pemain terbaik 2018/2019. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Virgil Van Dijk menjadi nominasi peraih penghargaan. Kali ini Virgil Van Dijk berhasil merebut gelar pemain terbaik Eropa mengalahkan Lionel Messi di urutan kedua dan Cristiano Ronaldo di urutan ketiga.

Peran vital Van Dijk di lini belakang menjadi kunci kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu. Di liga inggris sendiri Van Dijk adalah sosok penting hingga Liverpool berhasil menduduki posisi runner – up.

Entahlah apakah Van Dijk masih konsisten di sisa tahun ini untuk merebut penghargaan prestise FIFA Ballon d’Or 2019. Penghargaan yang diraihnya sepertinya sekaligus mengakhiri dominasi duo alien dalam dekade terakhir.

Penghargaan lainnya diberikan kepada rekan satu tim Van Dijk, Allison Becker sebagai kiper terbaik Eropa. Van Dijk menjadi bek terbaik, Frenkie de Jong yang baru pindah ke Barcelona dinobatkan sebagai pemain terbaik di lini tengah dan Leonel Messi di lini depan.

Keesokan harinya, di tempat yang sama, di Monaco dilakukan undian fase grup Liga Europa musim 2019/2020. Fase grup kali ini diundi Ashley Cole dan Paulo Ferreira. Total 48 tim Fase Grup Liga Europa yang akan dibagi ke dalam 12 grup.

Manchester United berada di Grup L dengan FC Astana, FK Partizan dan AZ Alkmaar. Sementara Arsenal tergabung di Grup F dengan Eintracht Frankfurt, Standard Liege dan Victoria SC.

Grup neraka ada di Grup E yaitu Lazio, Celtic FC, Rennes dan CFR Cluj sementara Grup G diisi Porto, Young Boys, Feyenoord dan Rangers. Laga Final Liga Europa sendiri akan digelar di Arena Gdansk, Polandia. (BR/kartakita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *