11 August 2022

Optimalisasi Bantuan Sosial Tunai di Ambon

Ambon Kartakita-Ditengah situasi pandemi yang merambas ke seluruh dimensi hidup bermasyarakat, sehingga kami Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelarkan webinar pada 20 Agustus 2021 dengan tema “Optimalisasi Bantuan Sosial Tunai (BST) di era revolusi Industri 4.0”. Menghadirkan narasumber yang berkompeten antara lain; Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Maluku, Kepala Kantor Pos Cabang Ambon dan Ketua Cabang GMNI Ambon.

Dengan tujuan untuk memberikan pencerahan, sosialisasi secara komprehensif kepada masyarakat luas tentang jalur-jalur pengalokasian bantuan sosial Tunai dan juga kemudahan dalam mengakses bantuan sosial tunai yang berbasis digital dengan menggunakan platform pospay sebagai media pembayaran, menjelaskan peluang-peluang baru di era digital dan menerangkan tentang gambaran teknis pengunaan aplikasi pospay. Dengan harapan masyarakat luas dapat memanfaatkan kemudahan layanan keuangan sehingga kedepannya masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengakses bantuan sosial Tunai.

Karena realitas saat ini untuk menjangkau bantuan sosial tunai masyarakat yang memiliki letak geografis yang berbeda harus datang ke tempat pendistribusian BST dengan mengeluarkan biaya yang mahal sehingga tidak ada manfaatnya bagi masyarakat tersebut karena BST yang diterima akan dihabiskan untuk biaya pulang perginya si penerima BST. Melalui aplikasi Pospay ini juga bisa mengefektifkan proses penerima BST & menghindari penyalahgunaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.