11 August 2022

Rencana Desain Baru Surat Suara Pemilu 2024, Begini 3 Rencana Desainnya

sumber foto: rmol.id

sumber foto: rmol.id

Jakarta, Karta Kita — Belakangan ini KPU RI berencana melakukan penyederhanaan desain surat suara pada pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2004. Adapun rencana ini sudah mulai disosialisasikan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Sosialisasi dilakukan secara daring pada hari Selasa, (24/8) dengan maksud memperoleh masukan yang lebih masif sebelum nantinya rencana ini disampaikan kepada pemerintah dan DPR.

Menurut Ketua KPU RI Ilham Saputra, penyederhanaan surat suara ini dimaksudkan untuk mempermudah pemilih agar tidak mengalami kesulitan yang sama pada saat melakukan pemilihan di TPS seperti pada pemilihan sebelumnya. Hal ini pun dinilainya sebagai salah satu upaya menciptakan inovasi menjelang pemilu yang masih akan digelar tiga tahun mendatang.

Selain mempermudah pemilih, Anggota KPU RI Evi Novida Ginting melihat penyederhanaan surat suara ini akan menolong KPPS, mengurangi potensi surat suara tidak sah, dan demi menciptakan efisiensi.

Rencananya desain surat suara Pemilu 2024 akan menggabungkan 5 jenis surat suara dalam satu surat suara. Dengan demikian, pola memilihnya pun akan menyesuaikan yakni dengan menuliskan nomor urut calon pada kolom yang tersedia.

Dalam hal ini Daftar Pasangan Calon Presiden dan Wapres akan ditempe di papan pengumuman sementara Daftar Calon Tetap DPR, DPD, DPRD Prov, DPRD Kab/Kota ditempel di bilik suara.

Rencana kedua, nanti akan ada 2 jenis surat suara yakni surat suara DPD dan surat suara Presiden dan Wapres, DPR, DPRD. Proses memilihnya adalah mencoblos nomor urut, nama calon, dan tanda gambar parpol. Untuk memberikan informasi calon, maka DCT Anggota DPR, DPD, DPRD Prov, DPRD Kab/Kota serta Daftar Paslon Presiden dan Wapres semuanya ditempel di papan pengumuman.

Rencana ketiga, ada 2 jenis surat suara, sama seperti rencana kedua. Perbedaannya adalah proses memilihnya dengan mencontreng pada nomor urut dan tanda gambar parpol.